Header Ads

alt/text gambar

Dari Film Jadi Kenyataan

 
Enggak cuma Tukang Bubur Naik Haji doang yang ceritanya bisa kejadian juga di dunia nyata, banyak lho hal-hal di film yang jadi kenyataan. Sering juga terjadi imitasi-ception kalau kamu perhatiin. FTV, misalnya, mengimitasi kehidupan remaja jaman sekarang tapi versi enggak masuk akalnya, tapi anehnya, kelakuan enggak masuk akal ini diimitasi lagi oleh remaja-remaja ke kehidupan sehari-hari mereka. Imitasi-ception kan?
 
Selain imitasi-ception tadi, kami mau ngasih tau beberapa hal yang awalnya cuma imajinasi di film, tapi ternyata jadi kenyataan. Simak baik-baik, Bro dan Sis!
 
  1. Satellite Navigation
Atau yang sekarang kita kenal dengan nama GPS. Tadinya alat ini cuma imajinasi Peter R. Hunt, sutradara film James Bond, Goldfinger, tahun 1964. GPS di film ini diceritain jadi salah satu fitur dari mobil Aston Martin yang dipake oleh James Bond, dan digunainnya buat ngasihtau posisi musuh dia dimana.
 
 
30 tahun kemudian, baru di tahun 1994, GPS beneran ada dan jadi fitur di mobil. Enggak nyangka kan kalau sebenernya alat ini awalnya cuma imajinasi di film James Bond?
 
 
  1. Perang Irak
Pernah denger film The Three Kings enggak? Enggak ya? Film yang dibintangin sama Mark Wahlberg, George Clooney dan yang sekarang lebih dikenal sebagai sutradara film Being John Malkovich, Spike Jonze ini terkenal. Ceritanya tentang tiga orang tentara yang dikirim ke Irak buat perang Irak untuk kedua kalinya, dan mereka malah nemuin peta menuju tempat penyimpanan emas di Kuwaiti, Ketika film ini dirilis, tahun 1999, presiden Amerika belum George W. Bush yang memulai lagi perang ke Irak. Baru 4 tahun sesudahnya, tahun 2003, Amerika mendeklarasikan perang lagi sama Irak.
 
 
Kebetulan?
 
  1. Ledakan WTC
The Lone Gunmen, salah satu TV show dari Amerika, di bulan Maret 2001, bikin pilot episode buat TV shownya mengenai konspirasi tingkat tinggi untuk menunjukkan kekuatan teroris ke pemerintah dengan cara membajak pesawat dan…..menabrakannya ke gedung World Trade Center. Teringat sesuatu?
 
Iya, di bulan September, tanggal 11 di tahun yang sama dengan TV show itu muncul, WTC beneran dibom dengan pesawat yang dibajak oleh teroris.
 
 
Karena miripnya kebangetan, banyak banget rumor di luar sana yang bilang kalau sebenerny episode di The Lone Gunmen ini sebenernya peringatan. Si orang-orang yang sukanya ngait-ngaitin sesuatu seenaknya sendiri terus menyimpulkannya dengan KONSPIRASI, bilang kalau ini pasti ada kaitannya dengan konspirasi di antara geng Yahudi. Karena TV show ini ditayanginnya di FOX, dan pemilik jaringan FOX adalah Rupert Murdoch, seoarang Yahudi.
 
  1. Rekayasa Genetik
Tahun 1931, film Brave New World ngangkat cerita tentang rekayasa DNA yang bisa digunain buat nyembuhin berbagai penyakit yang disebabkan oleh kesalahan pada mitokondria, sebelum dunia tau dengan pasti apa itu DNA.
 
 
Baru di tahun 2000-an, ilmuwan-ilmuwan gencar untuk melakukan rekayasa genetik, dimulai dari ngebenerin mitokondria yang merupakan pabrik energi buat sel, enggak terkecuali DNA. Intinya, penyakit yang mungkin akan diderita oleh seorang anak bisa diobatin langsung dengan rekayasa mitokondria bahkan sebelum anak itu lahir. Hebat ya orang-orang tahun 1931 ini udah bisa mikir gimana teknologi di masa depan bisa digunain buat bikin peradaban manusia yang lebih baik. Sedangkan di Indonesia, sampe taun segini masih sibuk ngurusin haram sama halal. Ah sudahlah..
 
  1. Kamera Underwater
Jauh sebelum kita-kita ini make camera underwater dengan tujuan hasilnya bisa dipasang jadi display picture di segala account yang kita punya, tahun 1965, di film James Bond (lagi-lagi James Bond) Thunderball udah make kamera ini, yang dikasih nama Nikonos. Ngerti kan sekarang kenapa James Bond ini legendaris banget. Karena emang banyak teknologi imajinasi mereka di tahun-tahun sebelumnya yang jadi kenyataan. Bahkan si Nikonos ini, di tahun 1969 diminta eksklusif oleh U.S Navy untuk dibuat jadi kenyataan dan dijual khusus buat U.S Navy. Canggih!
 
 
itu tadi beberapa hal yang sekarang kita pake sehari-hari, tapi ternyata pernah jadi imajinasi doang sebelumnya. Makanya, jangan takut berimajinasi. Siapa tau nanti giliran imajinasi kita yang bakal jadi kenyataan di masa depan?!
 
 

Tidak ada komentar

Jika merasa artikel yang di baca Menarik tolong beri komentarnya

Diberdayakan oleh Blogger.